Home Daerah Reses di Pringsewu, Sudin beri Bantuan Bibit Bawang Merah, Alsintan dan Pompa...

Reses di Pringsewu, Sudin beri Bantuan Bibit Bawang Merah, Alsintan dan Pompa Air

38 views
0

PRINGSEWU, LAMPUNGRAYA.ID – Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, SE., turun ke Kecamatan Pringsewu, Sabtu (19/12/20). Kedatangan Sudin, kader PDIP asal Dapil Lampung ini dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat.

Acara reses sekaligus pemberian bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada KWT, Poktan dan Gapoktan ini dilaksanakan di Kelurahan Pringsewu Timur, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sudin, SE., Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDIP ini mengaku bangga dengan kegiatan usaha tani yang dilakukan petani di Kabupaten Pringsewu.

Perwakilan pengurus kelompok wanita tani (KWT) di Kabupaten Pringsewu saat menghadiri acara Rese anggota DPR RI asal PDIP, Sudin, SE

Acara yang dihadiri para anggota DPRD Pringsewu asal PDIP, Ketua dan Sekretaris DPC PDIP Pringsewu, Palgunadi dan Bambang Kurniawan, Sekretaris Dinas Pertanian, Maryanto ini, diisi dengan dialog dan tanya jawab seputar masalah di bidang pertanian seperti bawang merah, padi sawah dan juga jagung.

Dalam kesempatan tersebut, Sudin memberikan Mesin Cultivator sebanyak 5 Unit dan Mesin Pompa Air sebanyak 8 Unit kepada perwakilan pengurus KWT dan juga Poktan.

Maryanto, dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa inovasi yang dilakukan Poktan dan UPJA Pardasuka yang sudah mulai menerapkan mekanisasi pertanian.

“Luasan lahan budidaya bawang merah di kabupaten Pringsewu hingga tahun 2020 ini ada 50 Ha. Dengan adanya bantuan bawang merah seluas 20 Ha dari bapak Sudin, hingganya luasan lahan bawang merah akan meningkat menjadi 70 Ha”, sebut Maryanto.

Menurut Maryanto, sesuai action plan pengembangan kawasan pertanian berbasis korporasi yang dibuat tim dari Unila, wilayah kecamatan pringsewu ditetapkan menjadi kawasan pengembangan bawang merah.

“Kita juga sudah membentuk asosiasi petani bawang merah. Kebetulan, potensi pengembangan bawang merah ini tersebar di Kecamatan Pringsewu, seperti di podomoro, pringsewu selatan, pajaresuk, waluyojati dan sebagainya”, terang Maryanto, ditemui wartawan Lampungraya.id, usai acara. (Ful)