Home Daerah 27 Warga Desa Pulautengah Terpapar Covid-19, Kadiskes Lamsel : Perketat Penerapan Prokes

27 Warga Desa Pulautengah Terpapar Covid-19, Kadiskes Lamsel : Perketat Penerapan Prokes

158 views
0

KALIANDA – Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Eka Rianawati membenarkan 27 warga Desa Pulau Tengah Kecamatan Palas terkonfirmasi Covid-19 hasil tracing rapid test antigen selama 2 hari, Senin – Selasa (7-8/6) terhadap sejumlah warga setempat.

Menurut Eka, langkah yang diambil oleh tim gugus tugas Covid-19 adalah dengan memberlakukan lockdown secara lokal dengan melakukan penyekatan secara lebih ketat guna membatasi akses keluar-masuk di desa.

“Yang jelas akan kita lebih perketat lagi penerapan protokol kesehatan untuk seluruh kegiatan aktivitas masyarakat, tidak hanya untuk Desa Pulau Tengah tapi untuk keseluruhan desa di Lampung Selatan, hal ini untuk menekan penyebaran Covid-19 secara efektif dan efisien,” sebut Eka, Selasa malam 8 Juni 2021.

Menurut Eka, kegiatan tracing akan terus dilakukan oleh pihak dinkes beserta jajarannya agar mempersempit ruang penyebaran penyakit yang statusnya adalah pandemi global.

“Seluruh warga yang terkonfirmasi Covid-19 kami anjurkan untuk melakukan isolasi mandiri di kediaman masing-masing. Sedangkan bagi warga bergejala agar untuk dapat menerima obat dari tenaga kesehatan dari Puskesmas setempat,” imbuhnya.

Sebelumnya, pihak KUPT Puskesmas Palas mengkonfirmasi setidaknya 27 warga Desa Pulau Tengah terpapar Covid-19 hasil tracing rapid test antigen selama 2 hari berturut-turut.

Pada Senin 7 Juni 2021 setidaknya ada 13 warga yang dinyatakan terpapar Covid-19. Kemudian, setelah dilanjutkan tracing pada hari kedua, Selasa a8 Juni 2021 kembali ditemukan kasus baru sebanyak 14 warga dinyatakan positif Covid-19.

Kasubag Tata Usaha UPTD Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas, Iksan yang mewakili Kepala UPTD Puskesmas Rosalina mengatakan pihaknya kembali melakukan tracing kepada 22 warga yang sempat kontak erat dengan kasus sebelumnya. Hasilnya terdapat 14 warga yang dinyatakan positif Covid-19 hasil rapid test antigen.

“Iya, hari ini kami kembali melakukan tracing di Desa Pulautengah. Setelah di tracing ada 22 orang yang menjalani rapid test antigan dan hasilnya 14 orang yang reaktif Covid-19,” kata dia.

Dia mengatakan hingga saat ini jumlah Terkonfirmasi virus Covid-19 di Desa Pulautengah mencapai 27 kasus dan masih ditetapkan zona merah. Semua warga yang terpapar sekarang hanya menjalani isolasi mandiri dirumahnya masing-masing.

“Semua warga yang reaktif sebagian besar bergejala ringan. Kemudian, semuanya dalam pantauan Tim Satgas Penanganan Covid-19 desa dan Kecamatan,” kata dia.

(row)