Home Daerah Alpukat di Ambarawa Barat akan Didaftarkan jadi Varietas Lokal Pringsewu

Alpukat di Ambarawa Barat akan Didaftarkan jadi Varietas Lokal Pringsewu

111 views
0
Proses penangkaran bibit alpukat di Kelompok Tani di Pekon Ambarawa Barat, Kecamatan Ambarawa yang akan diusulkan menjadi varitas lokal pringsewu

AMBARAWA – Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu melalui bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH), saat ini tengah mengembangkan alpukat varitas lokal yang ada di Pekon Ambarawa Barat, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu.

Upaya pengembangan ini dilakukan dengan cara melakukan penangkaran bibit alpukat di Kelompok Tani (Poktan) Pelita Sari II, mencermati adanya indukan alpukat lokal yang sudah diteliti dan memiliki draf deskripsi varietas.

“Kebetulan, disana ada indukan alpukat lokal. Alpukat ini juga sudah dilakukan pengamatan dan penelitian oleh tenaga ahli dibidangnya selama kurun dua tahun”, jelas Dwi Sulistyo, Kabid TPH di Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu, Jumat (24/01/2020).

Menurut Dwi, varietas alpukat tersebut memang belum didaftarkan ke kementerian pertanian, dan saat ini masih dalam proses.

“Tujuan dari pendaftaran ini guna mengangkat alpukat varitas lokal asli pringsewu. Untuk itu, kita lakukan penangkaran bibit”, sebut Dwi.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, ternyata buah alpukat yang kini tengah dikembangkan, memiliki bobot 0,7 Kg per buah.

Dimana, alpukat ini juga memiliki rasa yang cukup pulen, manis serta sedikit gurih, dengan ketebalan daging buah mencapai 2,5 centimeter.

Selain itu, potensi produksi tanaman alpukat ini juga bisa mencapai 350 Kg per pohon di setiap tahunnya. (Ful)