Home Daerah Baru Uji Coba, Wisata Taman Tirta Asri Langsung Diserbu Pengunjung

Baru Uji Coba, Wisata Taman Tirta Asri Langsung Diserbu Pengunjung

33 views
0

LAMPUNGRAYA.ID – Uji coba pembukaan destinasi wisata “Taman Tirta Asri” di Pekon Sriwungu, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Rabu (09/09/20) mendapat apresiasi positif dari masyarakat.

Mendengar destinasi wisata buatan itu mulai di buka untuk umum, 500-an pengunjung pun langsung menyerbu dan memadati area destinasi wisata ini dan seolah tidak ingin melewatkannya.

Ketua BUMDES Jaya Makmur Pekon Sriwungu, Deni Rohayati , selaku pengelola Destinasi Wisata Taman Tirta Asri mengatakan, pihaknya sengaja memberikan tiket masuk gratis sebagai tahap pengenalan.

“Tetapi, terhitung mulai Kamis dan seterusnya, baru akan dikenakan bayar tiket masuk. Hari ini tiket masuk gratis, kecuali untuk fasilitas kolam renang dikenakan biaya Rp 5000 per orang”, jelas Deni kepada wartawan cahyamedia.co.id.

Menurut Deni, uji coba pembukaan dimaksudkan dalam rangka memperkenalkan Taman Tirta Asri kepada masyarakat umum. “Hari ini memang belum laucing dan baru sebatas di buka sebagai percobaan. Sebab, kita belum memiliki fsilitas yang lengkap, dan belum ada aula. Intinya, kami masih harus terus bebenah, nanti setelah siap baru kita resmikan”, ucap Deni.

Rencananya lanjut Deni, pada akhir Bulan November mendatang, Taman Tirta Asri akan diresmikan pengoperasian oleh dinas terkait. “Alhamdulillah, dari pukul 9 hingga 15.00 WIB, kisaran pengunjung yang ada mencapai 500-an. Pengunjung meliputi orang tua, remaja dan anak anak”, terang Deni.

Selain pengurus BUMDES yakni sebanyak 7 orang sambung Deni, ia juga melibatkan masyarakat setempat untuk ikut bekerja, terutama pengurus dan anggota karang taruna.

“Kita juga memberi kesempatan kepada masyarakat Sriwungu khususnya, untuk bisa mengais rejeki, misalnya denga berdagang makanan atau barang kerajinan tangan lainnya. Untuk saat ini, kami hanya memperbolehkan warga setempat yang berjualan”, papar Deni.

Deni mengemukakan, pihaknya akan terus melakukan pengembangan dan tentunya dilakukan dengan cara bertahap. “Saat ini, kolam renang yang ada baru untuk anak anak. Rencana kedepan akan dibangun dua kolam renang lagi untuk orang dewasa, setingkat SMP dan SMA”, urai Deni.

Kepala Pekon Sriwungu, Subur Ginanjar SE, menegaskan kalau dibukanya Taman Tirta Asri baru sebatas uji coba.

“Intinya hari ini, Tirta Asri inindibuka untuk Umum dengan fasilitas seadanya. Pengelola akan melakukan pembenahan supaya tempat ini segera bisa diresmikan. Saya mohon doa restu dan dukungan dari emua pihak”, ujar Subur.

Salah satu npengujung bernama Winda (Ibu Rumah Tangga) dari Pekon Sinar Baru merasa senang karena sudah ada taman hiburan yang dekat dan pasilitas lebih lengkap dibandingkan taman taman wisata lainnya, yang ada di Kabupaten Pringsewu.

Sebelumnya, BUMDES Jaya Makmur sudah memiliki usaha di bidang air minum sehat, Bank Sampah, warung desa dan BRI Link.

Sementara, pembangunan destinasi wisata Taman Tirta Asri ini sudah menelan biaya sekitar 150 juta yang dananya bersumber dari BUMDES ditambah Rp50 juta dari salah seorang investor. (Bes)