Beranda Daerah DD tahap III Ambarawa Timur untuk Pembangunan Fisik

DD tahap III Ambarawa Timur untuk Pembangunan Fisik

6 views
0
Pembangunan Talut Penahan Tanah (TPT) pada akses Jalan Kerawangsari Dusun I

AMBARAWA – Manfaatkan Dana Desa (DD) tahap ketiga sebesar Rp335.632.000,-Pekon Ambarawa Timur, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu bangun infrastruktur.

Pembangunan yang dilaksanakan yakni pembuatan Talut Penahan Tanah (TPT) yang ditempatkan di tiga titik. Dimana, dua titik berada di dusun I dan satu titik di dusun 2.

“Dari tiga titik ini, keseluruhan panjang TPT yang di bangun yakni 304 meter”, jelas Selamet Rinaldi, Kaur Perencanaan di Pekon Ambarawa Timur, mendampingi Kepala Pekon Ambarawa Timur Rohmat, Selasa (10/12).

Selain TPT lanjut Selamet, Pekon Ambarawa Timur juga membangun Talut jalan sebanyak tiga titik. Dimana, dua titik ditempatkan di dusun I dan satu titik di dusun III, dengan panjang keseluruhan mencapai 860 meter.

Pembangunan TPT itu seperti pada akses Jalan Krawangsari, Dusun I RT 02, dengan volume panjang 123 meter, dengan anggaran sebesar 38.855.000,-

Pembangunan Talut Penahan Tanah (TPT) pada akses Jalan Veteran, Dusun I RT 02

Kemudian, pembangunan TPT pada akses Jalan Veteran, Dusun I RT 02 dengan volume panjang 120 meter, dengan anggaran Rp30.165.000,-.

“Setiapkali musim penghujan, badan jalan ini sering gugur lantaran tersapu air. Pembangunan TPT bertujuan guna mengurangi kikisan tanah yang terbawa air saat hujan”, jelas Selamet yang didampingi Joko, Kasie Kesra Pekon Ambarawa Timur di sela-sela menunjukan lokasi dan bangunan TPT yang sedang dikerjakan.

Sementara itu, pembangunan TPT juga dilaksanakan pada akses Jalan Kebun Jati, Dusun I RT 02 dengan volume panjang 190 meter.

“Rencana kedepan, akan kita lanjutkan menjadi akses jalan lingkar menuju Dusun Bulurejo, Pekon Margodadi. Mudah-mudahan, ini bisa terealisasi”, ucap Selamet.

Pembangunan Talut Penahan Tanah (TPT) pada akses Jalan Kebun Jati, Dusun 1 RT 02

Selain TPT, pembangunan Talut Jalan juga dilaksanakan pada akses Jalan Kerawangsari Dusun I RT 03 sepanjang 230 meter.

“Untuk pembukaan badan jalannya kita laksanakan di tahun 2018. Kedepan, akan kita coba ajukan pembangunan jembatan penghubung akses kecamatan ambarawa menuju kecamatan gadingrejo”, papar Selamet.

Selain dimanfaatkan untuk kegiatan fisik, DD juga dimanfaatkan untuk pemberian insentif bagi kader Posbindu (pos pembinaan terpadu), serta pengadaan bohlam dan kabel lampu jalan

Untuk diketahui, Pekon Ambarawa Timur terdiri dari dua dusun dengan enam (6) RT, dengan luasan wilayah mencapai 450 hektar.

Sebelah Utara berbatasan dengan Pekon Margosari Kecamatan Ambarawa, sebelah berbatasan dengan Desa Gunungsari, Kecamatan Way Lima.

Sebelah berbatasan dengan Pekon Ambarawa, Kecamatan Ambarawa dan sebelah Timur berbatasan dengan Desa Kota Dalam, Kecamatan Way lima.

Dengan jumlah penduduk sebanyak 1.450 jiwa, mayoritas masyarakat Ambarawa Timur bekerja sebagai petani. (Ful)