Home Daerah Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian Gelar Bimtek di Lampung Selatan

Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian Gelar Bimtek di Lampung Selatan

9 views
0

KALIANDA, Lampungraya.id – Direktorat Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian bersama DPR RI mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Kabupaten Lampung Selatan.

Bimtek dipusatkan di Aula Sebuku rumah dinas Bupati Lampung Selatan, Senin (17/10/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengucapkan selamat datang kepada Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, Direktur Buah dan Florikultura Kementrian Pertanian RI Liferdi, Narasumber dari BPP Provinsi Lampung dan tamu undangan yang hadir.

“Tentunya kehadiran bapak ibu sekalian dalam kesempatan ini akan memberikan manfaat sekaligus dapat menambah ilmu pengetahuan bagi masyarakat kami. Khususnya dalam rangka pengembangan budidaya pertanian Hortikultura di Lampung Selatan,” ujar Nanang.

Nanang mengatakan, dengan diselenggarakannya bimtek Holtikultura Tanaman Pangan itu, akan memberikan banyak keuntungan bagi peserta yang mengikutinya. Sebab peserta dapat mengetahui dengan jelas dari para nara sumber tentang apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan dalam meningkatkan hasil produksi dari budidaya pertanian holtikultura.

“Selain itu, pertemuan Bimtek ini juga dapat menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap pelaksanaan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di daerah kita. Dimana program ini menjadi perhatian penting pemerintah untuk penanganan daerah prioritas intervensi stunting, rentan rawan pangan serta pemantapan daerah tahan pangan,” kata Nanang.

Nanang berharap, peserta yang mengikuti Bimtek mendapatkan pemahaman dan wawasan yang baik tentang bagaimana kedepannya masyarakat dapat memanfaatkan ketersediaan pangan untuk rumah tangga, yang sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk itu, Nanang mengimbau kepada seluruh peserta Bimtek, agar setelah ini dapat mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya sebagai lahan tanaman pangan.

“Pemanfaatan lahan pekarangan secara optimal dapat membantu menjaga kecukupan gizi keluarga dan selebihnya mungkin dapat meningkatkan perekonomian keluarga dengan menjual hasil tanaman pangan kepada konsumen,” imbuh Nanang.

 

Sementara, mewakili Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian RI, Direktur Buah dan Florikultura, Liferdi menyampaikan, bahwa Bimtek tersebut membahas mengenai budaya sayur dalam pekarangan serta penanganan pasca panen dan pengolahan kebun sayuran.

“Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan terkait dengan pemanfaatan lahan pekarangan untuk dimanfaatkan sebagai lahan tanaman pangan,” kata Liferdi.

Liferdi menambahkan, dengan dimanfaatkannya lahan pekarangan sebagai lahan tanaman pangan dapat membantu menjaga kecukupan gizi keluarga.

“Selain itu memudahkan akses untuk memperoleh tanaman pangan dan pemanfaatan lahan pekarangan ini sebagai bentuk usaha dalam menjaga ketahanan pangan,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu dan memberikan wawasan tentang pemanfaatan lahan kosong, sehingga memiliki nilai ekonomis, minimal bisa dikonsumsi untuk sehari-hari.

“Jadi dari pada tanahnya kosong, lebih baik kita manfaatkan, untuk ditanami sayuran dan lain sebagainya. Minimal untuk dapat kita konsumsi sehari-hari, apalagi kita Indonesia ini memiliki tanah yang sangat subur, jadi harus kita manfaatkan itu,” kata Sudin.

Sudin juga berharap, ilmu yang telah didapat melalui bimbingan teknis tersebut agar bisa bermanfaat dan dapat dipraktikkan. Para peserta bimbingan teknis ini nantinya diharapkan dapat kembali membagikan ilmunya kepada masyarakat yang lain.

“Harus benar-benar dipahami dan dimengerti ini nanti ilmunya, supaya dapat dipraktikkan. Ilmu yang didapat juga dapat bermanfaat sekaligus dapat menambah ilmu pengetahuan bagi masyarakat, khususnya dalam rangka pengembangan budidaya pertanian Hortikultura di Lampung Selatan ini,” tandasnya. (Rls)