Home Daerah PUPR Lamsel Usulkan 2 Kegiatan Tambahan di APBD-P 2022

PUPR Lamsel Usulkan 2 Kegiatan Tambahan di APBD-P 2022

103 views
0

KALIANDA РDinas PUPR nyatakan seluruh rencana kegiatan fisik 2022 seluruhnya telah dilakukan proses tender dan sedang  dalam proses pengerjaan. Sedangkan di dalam APBD Perubahan, PUPR mengusulkan 2 kegiatan fisik berupa Jalan dan pembangunan lanjutan gedung.

“Ada sekitar 210-an paket kegiatan fisik yang keseluruhannya telah dilakukan tender dan beberapa sudah selesai pengerjaan dengan dilakukan PHO dan sejumlah kegiatan lagi masih dalam proses pengerjaan,” terang Sekretaris Dinas PUPR, Adolf Chepy Bahuga ST mewakili Kadis PUPR, Hasbi Aska yang berhalangan hadir di dalam rapat pembahasan APBD-P 2022 bersama Badan Anggaran, Senin 12 September 2022.

Mantan Kabid Tata Ruang PUPR ini menambahkan, usulan kegiatan pembangunan infrastruktur berupa jalan di APBD-P ini merupakan sarana pendukung kegiatan Lampung Selatan Expo 2022 sebesar Rp2,5 M.

Lampung Selatan expo, terus Cheppy merupakan rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Lampung Selatan pada November mendatang.

“Sarana pendukung Lampung Selatan Expo 2022 di kompleks GWH. Kalau rinciannya nanti biar kabid yang membidangi langsung bisa menjelaskan,” imbuhnya.

Sedangkan 1 kegiatan usulan lagi, masih kata Cheppy, merupakan pembangunan lanjutan atau tambahan di dalam kegiatan pembangunan gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) sebesar Rp10 Miliyar.

“Karena targetnya memang harus selesai tahun ini juga, makanya di perubahan ini kembali langsung di usulkan Rp10 Milyar untuk merampungkan pelaksanaan kegiatan pembangunan,” tukasnya seraya mengatakan sehingga total nilai kegiatan pembangunan gedung MPP tersebut menjadi mencapai¬† Rp25,9 Miliyar.

Namun sayangnya, Cheppy menolak menjelaskan terkait luas bangunan utama yang terdiri dari panjang, lebar dan tinggi gedung bangunan. Menurut Cheppy, idealnya PPK atau kepala yang membidangi untuk menjelaskan secara rinci.

“Saya tidak hafal rincian kegiatan pembangunan itu (MPP), saya hanya sekretaris. Baiknya memang PPK atau yang kepala bidang yang dapat menjelaskan secara rinci,” elak Cheppy .

Sementara, menurut sebuah sumber di PUPR, Kepala Bidang Cipta Karya merangkap PPK (Pejabat Pembuat Komitmen), Gunawan Juarsyah ST MT pada Minggu (11/9) sore kemarin telah bertolak ke asrama haji Jakarta untuk melaksanakan ibadah Umroh.

“Pak Kabid cuti Umroh. Kemaren sore kabarnya udah terbang ke asrama haji untuk persiapan ke tanah suci,” tutur sumber ini.

Ditelusuri melalui laman LPSE, sebagai pemenang tender adalah PT Bumi Perkasa Kalipancur dengan penawaran Rp15.919.640.000,-. Perusahaan yang beralamat di Perumahan Nusantara Permai, Kecamatan Sukabumi Bandarlampung itu menyisihkan 20 perusahaan lainnya.

Namun di papan informasi kegiatan, PT BPK beralamat di Gang Kemuning Kecamatan Bumiwaras Bandarlampung. Kegiatan tersebut tercatat dengan nomor kontrak : 48/KTR/KONS-CK/DPUPR-LS/APBD/2022 pada 11 April dengan durasi kerja selama 210 hari kalender. Sedangkan sebagai Konsultan MK adalah Jaim & Rekan.

Berdasarkan hasil penelusuran, PT Bumi Perkasa Kalipancur disebut di dalam persidangan perkara Fee Proyek PUPR 2018 sebagai salah satu perusahaan yang dipinjam oleh mantan Bupati Zainuddin Hasan. PT BPK tercatat dipakai untuk proyek peningkatan Jalan Ruas Wawasan-Bangun Sari Kecamatan Tanjungsari Dana Alokasi Khusus (DAK) TA 2017  senilai Rp3,37 miliar.

(row)