Home Daerah SMAN 1 Abungsemuli Lampura Terapkan Sistem SKS, Peserta Didik Dapat Lulus 2...

SMAN 1 Abungsemuli Lampura Terapkan Sistem SKS, Peserta Didik Dapat Lulus 2 Tahun

83 views
0

KOTABUMI – Sekolah Menengah Atas Negeri(SMAN) 1 Abungsemuli, Kabupaten Lampung Utara(Lampura) tahun pelajaran 2021/2022 bakal menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar(KBM) Sistem Kredit Semester(SKS).

“Ini baru perdana di Lampung Utara. Sudah kita persiapkan berbagai sarana prasarananya,” ujar Kepala SMAN 1 Abungsemuli M. Suharyadi, Jumat(22/1/2021).

M.Suharyadi menjelaskan para tenaga pendidik sudah disiapkan dengan sangat baik.

“Guru, operator dan tenaga kependidikan sedang dimagangkan di sejumlah sekolah yang telah menyelenggarakan sistem SKS disejumlah daerah, baik di wilayah Lampung maupun luar Lampung,” terangnya.

Kepala Sekolah menambahkan, para peserta didik akan sangat diuntungkan dengan sistem belajar SKS ini, karena pelajar yang pandai dapat lulus lebih capat.

“Peserta didik yang pandai dapat lulus lebih cepat dengan siatem SKS ini. Dua tahun belajar di sekolah, langsung bisa lulus, tergantung jumlah SKS yang bisa diselesaikam setiap semester,”katanya.

Dijelaskan M. Suharyadi, dengan menerapkan sistem SKS ini, maka peserta didik dapat menentukan sendiri jumlah mata pelajaran yang harus diikutinya setiap semesternya.

“Jadi semakin banyak mata pelajaran yang diambil setiap semesternya, semakin singkat waktu belajar di sekolah. Jadi para murid dapat menentukan sendiri beban belajar mereka,”imbuhnya.

M.Suharyadi berharap dengan penerapan SKS di SMAN 1 Abungsemuli dapat menjadi alternatif bagi calon siswa untuk memilih sekolah yang memberikan pelayanan secara individu, sehingga kompetensi siswa akan meningkat lebih pesat.

“Mudah – mudahan dengan terobosan baru penerapan sistem SKS di SMAN 1 Abungsemuli ini, dapat melahirkan SDM yang kompetitip, dan tidak gagap saat memasuki perguruan tinggi yang telah lebih dahulu menerapkan sistem SKS ini,”pungkasnya.(kandar)