Home Daerah Soal Proyek Jalan di Candipuro, PUPR Lamsel Sebut Belum Proses PHO

Soal Proyek Jalan di Candipuro, PUPR Lamsel Sebut Belum Proses PHO

405 views
0

KALIANDA – Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lampung Selatan, Hasby Aska mengungkapkan pekerjaan Rehabilitasi Ruas Jalan Bumijaya-Titiwangi dengan nomor kontrak : 02/KTR/DAK-BM.I/APBD/DPUPR-LS/2021 senilai Rp2.122.232.495.67 oleh PT Aya Pujian Pratama belum dilakukan serah terima sementara pekerjaan atau PHO (Provisional Hand Over).

Menurut dia, Pemerintah Daerah dalam hal ini adalah PUPR belum dapat melakukan PHO terhadap kegiatan tersebut karena maraknya laporan masyarakat terkait dengan hasil pekerjaan. Untuk itu kata dia, telah memerintahkan bidang terkait untuk mengecek langsung pekerjaan rekanan di lapangan agar dapat mengambil tindakan sebagaimana mestinya.

“Belum, kalau PHO memang belum. Tapi sudah kita minta, baik itu Kabid, PPK dan pengawas supaya turun ke lapangan. Ya supaya dapat meng-kroschek secara langsung bagaimana hasil pekerjaan itu. Nanti dilihat, dinilai oleh tim kecil itu, kira-kira secara tekhnis apa yang mesti ditindaklanjuti. Mungkin nanti kita minta ada sejumlah perbaikan. Kita tunggu lah hasil laporan kawan-kawan di lapangan,” kata Hasby, Sabtu 9 Oktober 2021.

Menurut Hasby, kegiatan tersebut merupakan kegiatan Peningkatan Jalan dan Jembatan dengan pendanaan kegiatan berasal dari DAK (Dana Alokasi Khusus) penugasan Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan tahun 2021.

“Kegiatan itu kan rehab lapis penetrasi (Lapen), kemudian peningkatan dengan kelas jalan Hotmix dan rabat beton untuk bahu jalan,” imbuhnya.

Kendati begitu, Hasby Aska menolak mengomentari terkait dengan adanya dugaan dalam proses pelaksanaan kegiatan terjadi penyimpangan, ketidaksesuaian spesifikasi dan kontrak.

“Saya tidak mau berandai-andai, misalnya ataupun dugaan yang belum pasti. Yang jelas kami di PUPR ini punya jajaran, kami punya pegawai yang mesti saya hormati dan hargai dedikasinya dalam pekerjaannya masing-masing,” tukas Hasby.

Terpisah, pelaksana lapangan PT Aya Pujian Pratama, Iguh Susanto saat dihubungi melalui aplikasi pesanan WhatsApp belum merespon. Meski dengan tanda aktif, sejumlah pertanyaan yang dikirim melalui pesan WhatsApp belum dijawab.

(row)