Home Pendidikan Terima Kunjungan TK Bintang Sakti, Winarni Kenalkan Kesenian Tradisional Khas Lampung Selatan...

Terima Kunjungan TK Bintang Sakti, Winarni Kenalkan Kesenian Tradisional Khas Lampung Selatan Pada Naka Usia Dini

9 views
0

KALIANDA, – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) sekaligus Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, menerima kunjungan dari TK Bintang Sakti, Kecamatan Tanjung Bintang, pada Rabu (23/2/2022).

Dalam kesempatan itu, Bunda Winarni yang didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Yespy Cory sempat melaksanakan kegiatan melukis bersama dengan anak-anak dari TK Bintang Sakti di Kebun Edukasi Lampung Selatan.

Usai melukis, Bunda Winarni mengajak anak-anak untuk melihat dan memperkenalkan secara langsung kesenian tradisional khas Lampung yang berupa kain tapis, topeng dan berbagai kerajinan lainnya yang terdapat di Galeri Dekranasda, Kecamatan Kalianda.

Kepala Pengelola TK Bintang Sakti Bunda Dari mengatakan, tujuan dari kunjungan tersebut yaitu guna memberikan edukasi terhadap anak didik, mengenai kerajinan dan kesenian yang dimiliki oleh Provinsi Lampung khususnya Kabupaten Lampung Selatan.

“Kami dalam kunjungan ini selain mengajak anak-anak jalan, kami juga ingin memberikan edukasi tentang kerajinan dan kesenian yang ada di Lampung Selatan serta mengajak anak untuk berkreasi dalam melukis,”  ujarnya.

Sementara, Bunda Winarni mengucapkan banyak terima kasih kepada TK Bintang Sakti yang telah memilih mengunjungi Dekranasda Lampung Selatan, sebagai wadah untuk memberikan edukasi kepada anak mengenai kerajinan dan kesenian khas daerah.

Menurutnya, pengenalan kerajinan dan kesenian khas daerah terhadap anak usia dini sangat penting dilakukan, sebagai upaya dalam memahami keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, selain mereka senang bisa bermain, mereka juga diberikan pengetahuan tentang kerajinan tradisional yang ada di Lampung khususnya Lampung Selatan,” ujar Bunda Winarni.

Oleh karena itu, Bunda Winarni berpesan kepada Pengelola TK Bintang Sakti agar terus meningkatkan pelayanan terhadap anak didik serta dapat mewujudkan Pelayanan PAUD Holistik Integratif.

“Saya berpesan kepada para Bunda TK Bintang Sakti untuk terus meningkatkan pelayanan, gak mudah mendidik anak usia dini, tapi ini adalah tantangan kita sebagai pendidik anak bangsa. Pendidikan pada anak usia dini ini adalah yang terpenting, untuk menjadi dasar perkembangan anak dimasa depan,” tuturnya.

Bunda Winarni berharap, kegiatan memperkenalkan kerajinan dan kesenian terhadap peserta didik dapat terus terlaksana secara rutin dan berkelanjutan. Dengan begitu, akan berdampak terhadap bertambahnya wawasan dan pengetahuan anak usia dini.

“Ini merupakan program pendidikan yang bagus dan saya harap ini dapat terlaksana secara rutin dan dapat menjadi contoh bagi PAUD lainnya,” harapnya.

Untuk diketahui, pada kegiatan tersebut juga turut dilaksanakan penyerahan kerajinan berupa topi lukis, gelang dan jilbab hasil dari anak-anak TK Bintang Sakti kepada Bunda Winarni. (KMF).