Beranda Pendidikan Disaksikan Wabup Pringsewu, LAZISNU Serahkan Dana Jalin Kesehatan

Disaksikan Wabup Pringsewu, LAZISNU Serahkan Dana Jalin Kesehatan

16 views
0
Penyerahan dana jalin kesehatan dari LAZISNU Kabupaten Pringsewu kepada Dr. Andika sebagai salah satu mitra dalam program pengobatan gratis

PRINGSEWU – Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., hadiri sekaligus menyaksikan penyerahan dana program Jalin Kesehatan Lembaga Amil Zakat Infak dan Sodaqoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Kabupaten Pringsewu di Pringsewu Selatan, Jumat (08/11/19).

Fauzi mengapresiasi kerja-kerja sosial keumatan yang dilakukan LAZISNU Kabupaten Pringsewu.

“Saya yakin, program sedekah uang koin dan pengobatan gratis ini akan terus berkembang serta memberikan manfaat besar bagi masyarakat”, ucap Fauzi.

Acara penyerahan dana jalin kesehatan LAZISNU juga dihadiri Kadis Kesehatan Pringsewu Purhadi, M.Kes., serta Ketua MUI Kabupaten Pringsewu KH.Hambali.

Khaeruddin.,S.Ag.,M.Pd.I Ketua LAZISNU Kabupaten Pringsewu kepada wartawan Lampungraya.id menjelaskan, saat ini LAZISNU sudah menjalin kemitraan dengan sejumlah klinik kesehatan dan dokter dalam merealisasikan layanan di bidang kesehatan bagi masyarakat.

“Layanan berobat gratis ini baru berjalan untuk diwilayah Kecamatan Pringsewu. Dana dalam program layanan di bidang kesehatan ini terhimpun melalui Kotak Koin Pondasi Akhirat”, jelas Khaeruddin.

Menurut Khaeruddin, ada empat (4) pilar program LAZISNU yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Pringsewu yaitu Bidang Pendidikan, Kesehatan, Tanggap Bencana dan Bidang Ekonomi Mikro.

“Utuk bidang pendidikan dalam bentuk pemberin beasiswa. Sementara, bidang kesehatan meliputi layanan berobat gratis dan pentasarupan kepada warga pemilik kotak Koin Pondasi Akhirat yang sakit serta melahirkan”, papar Khaeruddin yang berprofesi sebagai tenaga pendidik di MAN 1 Pringsewu.

Khaeruddin mengemukakan, bidang tanggap bencana dipaksanakan LAZISNU dalam bentuk memberikan dan menyalurkan bantuan kepada para korban bencana.

“Ini sudah kita lakukan di beberapa titik daerah yang terkena bencana, baik di Kabupaten Pringsewu dan juga luar Kabupaten Pringsewu”, ungkap Khaerudin.

Khaeruddin mengemukakan, Program Koin Pondasi Akhirat dijabarkan kedalam tiga tahapan yakni jangka pendek, jangka menengah dan juga jangka panjang.

“Alhamdulilah, saat ini LAZISNU
sudah memiliki ambulance sendiri. Kesemuanya merupakan hasil dari sedekah masyarakat melalui program Kotak Koin Pondasi Akhirat LAZISNU Kabupaten Pringsewu”, urai Khaeruddin.

Dr. Andika, salah satu mitra LAZISNU Kabupaten Pringsewu dalam program jalin kesehatan mengatakan, program pengobatan gratis Lazisnu mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat.

“Program ini cukup bermanfaat dan membantu mereka yang ingin mendapatkan layanan kesehatan secara cuma-cuma. Terlebih, prosedurnya juga tidak sulit, hanya cukup dengan menunjukkan kartu kesehatan Lazisnu dan fotokopi KK”, ungkap Dr. Andika.

Sementara itu, bendahara LAZISNU Kabupaten Pringsewu, Kabul mengatakan, LAZISNU hingga saat ini uang koin pondasi akhirat yang berhasil dikumpulkan dari masyarakat, jumlahnya kurang lebih mencapai Rp.1,5 milyar.

“Dari uang yang ada, sebagian dialokasikan untuk program jalin kesehatan ini. Layanan pengobatan cuma-cuma dari Lazisnu ini mencakup biaya berobat jalan, obat-obatan, kontrol kehamilan, serta biaya perawatan pasca operasi”, urai Kabul.

Selain sedekah melalui kotak koin pondasi akhirat lanjut Kabul, LAZISNU Kabupaten Pringsewu juga melayani penyaluran zakat, infak dan sodaqoh melalui rekening LAZISNU Pringsewu, yakni untuk zakat melalui nomor rekening BRI 0358010116988536 dan BNI Syariah 0792171586.

“Sedangka untuk infaq dan sodaqoh melalui rekening BRI nomor 035801016988532 serta BNI Syariah nomor 0791720380, juga BMT NU Pringsewu dengan nomor 9010400001”, terang Kabul.

Untuk diketahui, LAZISNU Kabupaten Pringsewu juga lakukan jemput bola untuk pelayanan zakat, cukup dengan menghubungi call center di nomor Hp 0852 69607010. (Ful)